5 Alasan Kenapa Badan Selalu Merasa Capek

Posted on 4 views

Badan Selalu Capek – Tuntutan pekerjaan di era modern ini membutuhkan kondisi badan yang harus selalu prima. Kegiatan sehari-hari yang padat memerlukan pasokan energi yang banyak bagi tubuh. Namun dalam kondisi tertentu, meskipun sudah ditunjang dengan konsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup, ternyata badan masih saja selalu merasa capek. Jika kondisi kelelahan seperti ini masih terus Anda rasakan dan bahkan semakin memburuk, maka perlu dipertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter karena ada indikasi tubuh Anda mengidap suatu penyakit yang menyebabkan kelelahan kronis.

Kondisi kelelahan pada tubuh, selalu merasa capek, merupakan pertanda adanya ketidakseimbangan di dalam tubuh Anda. Banyak alasan untuk hal ini terjadi, dan dokter bisa menjadi tempat anda bertanya guna mendapatkan diagnosa yang tepat. Namun sebagai bekal sebelum ke dokter, berikut adalah beberapa penyakit yang menyebabkan badan selalu merasa capek.

1. Anemia

Merupakan kondisi berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah sehingga pasokan oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel tubuh menjadi berkurang. Kondisi kelelahan kronis pada umumnya terjadi pada wanita yang sedang dalam siklus menstruasi berat dan juga wanita hamil dan menyusui yang tidak mengkonsumsi zat besi.

Sel darah merah atau di dunia medis dinamakan Hemoglobin (hb) merupakan senyawa protein yang bertugas membawa oksigen di dalam sel darah merah, sedangkan sel darah merah sendiri diproduksi di sumsum tulang. Berkurangnya pasokan oksigen di darah akan menyebabkan badan selalu merasa capek dan sesak napas. Anemia timbul dikarenakan adanya defisiensi vitamin, sel besi yang turun, kehilangan darah yang cukup banyak, adanya pendarahan secara internal, serta bisa juga disebabkan adanya penyakit yang kronis seperti kanker, gagal ginjal dan rheumatoid arthritis.

Gejala badan selalu merasa capek yang diakibatkan oleh anemia adalah kelelahan kronis. Hal ini juga dibarengi dengan sulit tidur, konsentrasi berkurang, dada nyeri, sakit kepala dan kelemahan ekstrim. Jika anemia menyerang anda, maka kegiatan sederhana seperti berjalan jarak pendek atau naik tangga pun akan menyebabkan bada merasa lelah.

2. Penyakit Kencing Manis atau Diabetes.

Penyakit ini menurut statistik semakin banyak serta semakin muda umur penderitanya. Hal ini dikarenakan gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sehingga terjadi kelainan metabolik yang disebabkan kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh menggunakan insulin. Dengan kondisi seperti ini maka glukosa atau disebut juga dengan gula tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya sehingga menumpuk di darah.

Glukosa merupakan salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi manusia, jika glukosa di tubuh tidak bisa diolah karena kelainan metabolisme, maka energi untuk tubuh agar terus berjalan menjadi terganggu. Hal ini lah yang menyebabkan badan merasa selalu capek.

Jika anda merasakan hal seperti ini, maka waspadalah karena kelelahan merupakan peringatan pertama yang menjadi pertanda anda menderita penyakit diabetes tipe 2. Pertanda lainnya adalah sering haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar, berat badan turun, temperamental, pada wanita terdapat infeksi jamur di vagina, dan adanya gangguan penglihatan yaitu menjadi tampak kabur.

3. Penyakit Tiroid. Tiroid merupakan kelenjar kecil yang berbentuk dasi kupu-kupu, terletak di bagian depan dari leher yang bertugas mengeluarkan hormon dan mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan tugas penting lainnya. Namun jika produksi hormon terlalu banyak ataupun sedikit akan mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Jika metabolisme tubuh terganggu akibat produksi hormon oleh kelenjar tiroid terlalu banyak atau sering dinamakan Hipertiroid (Hiperthyroid) maka akan mempercepat tubuh merasa lelah dan bisa menyebabkan kelemahan otot. latihan sederhana seperti naik anak tinggi dan naik sepeda menjadi lebih sulit. Tanda anda terkena penyakit tiroid lainnya adalah penurunan badan yang cepat, merasa hangat sepanjang waktu, denyut jantung lebih cepat, siklus menstruasi lebih pendek dan tidak teratur, dan selalu merasa haus.

Sedangkan jika produksi hormon tiroid sedikit dari seharusnya yang sering disebut Hipotiroid, yang terjadi adalah badan selalu merasa capek, sulit berkonsentrasi, otot nyeri meskipun beraktivitas ringan. Selain itu bagi penderita hipotiroid juga akan merasa kedinginan sepanjang waktu meskipun cuaca dalam kondisi hangat, siklus menstruasi lebih sering dan adanya penambahan berat badan karena retensi air.

Jadi bagi anda yang merasa sering capek disertai dengan gejala-gejala di atas, maka lebih baik segera ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh. Diagnosa yang lebih cepat dan tepat akan mempercepat pula proses penyembuhan.

4. Gangguan Tidur Serius. Gangguan tidur merupakan salah satu penyebab badan selalu merasa capek. Gangguan tidur yang sudah dilevel ini sering dinamakan Sleep Apnea. Definisi Sleep Anea adalah gangguan tidur yang serius dikarenakan pernapasan sering berhenti selama tidur dengan jenis yang lebih umum adalah Sleep Apnea obstruktif.
Sleep Apnea Obstruktif adalah suatu kondisi dimana saluran napas bagian atas menutup dengan rapat atau kolaps selama beberapa detik, situasi seperti ini membuat tubuh akan mengirim sinyal ke otak sebagai tanda peringatan ditandai dengan bangunnya anda guna bernapas lagi.

Sleep Apnea atau gangguan tidur serius ditandai dengan dengkuran yang umumnya diikuti dengan rasa capek atau kelelahan pada keeseokan harinya. Gangguan tidur seperti ini cukup serius karena menjadi penyebab serangan jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan berpotensi terkenan serangan stroke. Untuk itu, jika anda merasa selalu capek dengan gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan tindakan lebih lanjut.

5. Kondisi Depresi. Cara anda tidur, makan, istirahat, dan bagaimana ada memandang atau merasakan diri sendiri atau orang lain adalah pengertian dari depresi. Jika tidak dilakukan pengobatan, maka gejala depresi bisa terjadi selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Depresi dalam hubungannya dengan kondisi badan yang selalu merasa lelah adalah karena pada umumnya kondisi depresi dapat menyebabkan rasa lelah yang kronis karena banyak energi yang dipakai. Pola tidur yang berubah, perubahan pola makan, daya ingat yang bermasalah, konsentrasi yang terganggu, merasa putus as, merasa tidak berharga, dan bahkan ada keinginan untuk bunuh diri menjadi bagian dari kondisi depresi seseorang.

Demikianlah 5 penyakit yang dapat menyebabkan kelelahan berkepanjangan pada tubuh. Mencari tahu lebih cepat dengan mengenali gejala-gejala yang telah disebutkan di atas mampu mempercepat proses penyembuhan dan tentunya dengan konsultasi ke dokter. Semoga kita semua terhindar dari gejala-gejala penyakit tersebut di atas, semoga kondisi tubuh selalu fit dan siap beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *