5 Tips Cara Mengatasi Jerawat yang Menahun

Posted on 13 views

Mengatasi Jerawat – Timbulnya jerawat di wajah banyak disebabkan oleh banyak faktor termasuk hormon dan gaya hidup seperti konsumsi alkohol dan makan-makanan yang banyak mengandung minyak. Dengan banyaknya faktor tersebut maka cara mengatasi jerawat antara satu orang dengan orang lain akan sangat berbeda seperti adanya perbedaan jenis kulit. Sehingga saat satu jerawat belum selesai diobati, terkadang sudah tumbuh lagi di tempat lain. Hal ini tentu akan beresiko jerawat merajalela di wajah, dan tak jarang jerawat seperti ini sulit dihilangkan hingga bertahun-tahun.

Kondisi jerawat yang sudah sedemikian kondisinya tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri, hingga perlu dicarikan cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat atau obat menghilangkan jerawat di apotik. Tentu pengobatan tersebut juga beserta cara menghilangkan bekasnya. Dan menurut berbagai ahli kulit atau yang disebut dermatologis, berikut adalah cara mengatasi jerawat yang paling efektif dan efisien.

Cara Mengatasi Jerawat yang Efektif

1. Cara Mengatasi Jerawat yang Memerah
Pada saat jerawat timbul sering terlihat memerah yang disebabkan mulai meradangnya jerawat akibat infeksi yang dilakukan oleh bakteri. Sebagai tindakan darurat atau pencegahan, tetesi jerawat memerah tersebut dengan obat tetes mata agar proses infeksi terhenti yang ditandai dengan pudarnya warna kemerahan di bagian jerawat. Ingat hal ini merupakan tindakan darurat saja.

2. Obat Apotik Benzoyl Peroxide
Benzoyl Peroxide merupakan salah satu obat menghilangkan jerawat yang bisa dibeli di apotik. Untuk menggunakan obat jerawat ini, pastikan wajah sudah dibersihkan, kemudian oleskan obat jerawat yang mengandung zat aktif benzoyl peroxide di area wajah yang berjerawat yang nantinya jerawat akan kempes dalam waktu semalam. Untuk itu gunakan obat jerawat ini sesaat sebelum tidur.

3. Jangan Berlebihan Mencuci Wajah atau Scrub
Wajah yang bersih merupakan dambaan bagi setiap orang,namun untuk mendapatkannya banyak orang sering bahkan secara berlebihan mencuci wajah atau scrub. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan karena jika terlalu sering digosok akan merangsang timbulnya jerawat. Hal ini terjadi karena minyak alami di wajah bisa hilang yang memicu semakin banyak lagi wajah menghasilkan minyak.

4. Faktor Stres
Jerawat timbul dikarenakan adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, namun ternyata ada hal lain pemicu munculnya jerawat yakni faktor stress. Kurang tidur sangat dominan menjadi pemicu stress, untuk itu sangat direkomendasikan untuk tidur 8 jam sehari saat stress melanda agar jerawat tidak muncul. Tetapi jika hal ini sudah terlanjur, maka cara mengatasi jerawat nya adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit berbentuk krim yang bisa dipakai di malam hari dan bekerja saat kita terlelap tidur.

5. Perawatan di Dokter Kulit
Banyak tips cara menghilangkan jerawat beredar di internet, mulai dari cara menghilangkan jerawat secara alami seperti dengan jeruk nipis atau dengan menggunakan obat jerawat di apotik. Namun cara pengobatan tersebut terkadang tidak memberikan solusi yang permanen, untuk itu cara mengatasi jerawat di dokter kulit harus dilakukan terlebih jerawat sudah menahun dan kondisinya semakin parah. Perawatan di klinik untuk menghilangkan bekas jerawat tidak bisa satu kali perawatan saja dan harus dikombinasikan. Untuk itu perlu dikonsultasikan dengan baik ke dokter kulit agar pengobatan jerawat bisa tuntas.

Mengobati jerawat membutuhkan kesabaran dan waktu yang tidak sedikit, jadi disarankan lebih baik kita melakukan tindakan pencegahan timbulnya jerawat dengan berbagai bahan alami yang tidak mempunyai efek samping dan tentunya ramah di kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *