Jaga Kesehatan Tubuh dengan Pola Makan Sehat

Posted on 13 views

Pola Makan Sehat – Kesehatan adalah anugrah yang sangat terindah dan sangat berharga yang tidak bisa ditukar dengan apapun. Dengan tubuh yang sehat, anda bisa melakukan banyak hal, banyak kesempatan untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang anda sukai. Namun untuk mendapatkannya, anda sudah harus memulai pola makan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Pola makan sehat bukanlah trend sesaat, namun pola makan sehat sebenarnya merupakan suatu kebutuhan bagi diri anda untuk bisa hidup dengan lebih baik di masa yang akan datang karena tidak terganggu dengan beragam penyakit yang bisa sewaktu-waktu menyerang tubuh.

Hidup sehat dengan ditunjang pola makan sehat bukan suatu jaminan untuk lepas dari sakit. Pola makan sehat tentu akan menurunkan potensi anda untuk terserang dari penyakit, baik penyakit biasa, penyakit berbahaya dan mematikan seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, dan stroke. Karena pada umumnya lebih dari separuh penyakit yang anda derita dikarenakan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat.

Pola makan sehat merupakan upaya untuk terhindar dari beragam penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol. Untuk menghindari potensi besar terserang penyakit tersebut maka anda perlu memulai pola makan sehat. Lalu seperti apakah pola makan sehat tersebut?.

Tips Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

1. Makan Buah dan Sayur Segar. Sayuran dan buah merupakan makanan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh tubuh manusia karena pada kedua jenis makanan ini hampir tidak ditemukan kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh. Dengan kata lain, buah dan sayur merupakan makanan yang paling sehat yang tersedia di dunia. Namun akan lebih baik jika anda mengkonsumsi buah segar dan sayur segar, karena kandungan nutrisinya masih benar-benar terjaga dengan baik. Buah dan Sayur merupakan makanan yang kaya serat yang sangat bermanfaat untuk pencernaan, beberapa kandungan di dalam buah dan sayur mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker seperti antioksidan yang bisa mengikat radikal bebas yang bisa merusak tubuh. Buah dan sayur juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang sangat vital dibutuhkan oleh tubuh anda.

2. Makan Ikan dan Daging. Konsumsi ikan dan daging sangat diperlukan oleh anda sebagai sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan seperti buah dan sayur, konsumsi ikan dan daging sangat disarankan yang masih segar guna mendapatkan manfaat yang optimal dan maksimal dari kedua jenis makanan ini. Namun tidak seperti buah dan sayur, konsumsi ikan dan daging tidak boleh terlalu banyak karena bisa mengganggu kesehatan tubuh, makan secukupnya saja.

3. Atur Jam Makan. Makan yang teratur juga menjadi bagian penting dalam pola makan sehat. Hal ini perlu dilakukan agar hidup anda menjadi lebih baik. Pola makan yang teratur misalnya anda sarapan pada pukul 07.00 pagi, makan siang pada pukul 12.00 dan makan malam pada pukul 19.00. Dengan keteraturan jadwal makan secara tidak langsung akan membuat kegiatan lainnya menyesuaikan dengan waktu makan tersebut. Dengan kondisi ini maka anda akan mendapatkan istirahat yang cukup termasuk tidur yang berkualitas dan organ tubuh pun dapat mencerna makanan dengan optimal. Disarankan untuk menghindari makan diatas jam delapan malam guna terhindar dari terjadinya penimbunan lemak.

4. Konsumsi Karbohidrat Secukupnya. Makanan yang mengandung karbohidrat merupakan salah satu sumber bahan bakar bagi tubuh untuk dijadikan energi. Namun konsumsi karbohidrat tidak boleh berlebihan karena hasil proses karbohidrat yang menjadi glukosa. Jika terlalu banyak maka tubuh tidak mampu mengolah glukosa menjadi energi sehingga akan terkandung di dalam darah. Dan akhirnya menjadi salah salah satu penyakit yang paling banyak menyerang manusia, yaitu diabetes.

Konsumsi karbohidrat harus dikontrol terutama nasi, ganti nasi dengan jagung atau kentang guna menghindari pasokan karbohidrat berlebih ke tubuh. Diet rendah karbohidrat juga disarankan dilakukan untuk mendapatkan pola hidup sehat.

5. Konsumsi air putih secukupnya. Air putih atau jika di luar negeri disebut dengan fresh water merupakan salah satu pasokanan makanan yang sangat penting bagi tubuh anda. Pola makan sehat membutuhkan air putih yang cukup, bukan yang lainnya. Minum air putih yang cukup minimal 2 liter sehari merupakan salah satu tindakan pencegahan agar tidak mengalami dehidrasi. Konsumsi air putih yang yang cukup juga membantu menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan pencernaan.

6. Hindari Junk Food dan Kurangi Makanan Berlemak. Junk food merupakan jenis makanan yang harus dihindari jika anda ingin menerapkan pola makan sehat. Meskipun junk food menjadi salah satu jenis makanan yang paling populer di dunia, ternyata kandungan zat yang ada di junk food menjadi ancaman yang berbahaya bagi tubuh. Demikian pula memakan makanan berlemak, sebisa mungkin makanan jenis ini dikurangi konsumsinya bahkan disarankan juga untuk dihindari. Junk food dan makanan berlemak akan membuat tubuh menghasilkan lemak berlebih yang akhirnya hanya akan menjadi kolesterol jahat pada tubuh.

Pola makan sehat diperlukan guna menjaga kesehatan tubuh dan hal ini sangat perlu dilakukan. Jika tidak bisa secara sekaligus menerapkannya, maka lakukanlah secara bertahap. Dengan pola makan sehat, maka anda bisa mengontrol kesehatan tubuh dengan baik yang berujung pada kurangnya resiko terserang penyakit yang mematikan seperti kolesterol, serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes.

Semoga bahasan artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba menerapkan pola makan sehat. Dan jangan lupa di share agar teman-teman anda tahu juga dan terinspirasi untuk segera merubah pola makan mereka yang sekarang ke pola makan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *