Tips Mengencangkan Payudara Setelah Melahirkan

Posted on 7 views

Tips Mengencangkan Payudara Secara Alami – Payudara merupakan salah satu aset terpenting untuk wanita yang harus dijaga selain untuk kesehatan juga untuk penampilan. Payudara merupakan bagian sensitive yang dengan mudah mengalami perubahan seperti setelah melahirkan dan menyusui, faktor usia, bra yang salah, diet yang salah dan masih banyak lagi. Akibat dari payudara yang mengendur, biasanya para wanita menjadi kurang percaya diri.

Tak jarang banyak yang merogoh saku mahal untuk melakukan operasi payudara. Melakukan operasi payudara merupakan hal instan dan efektif untuk mengencangkan sekaligus membesarkan payudara, akan tetapi resiko yang berbahaya dapat ditimbulkan untuk kesehatan payudara itu sendiri. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips cara mengencangkan payudara secara alami bagi wanita yang telah melahirkan. Payudara wanita yang rtelah melahirkan biasanya mengalami hilangnya kekenyalan elastisitas dan juga kekenyalannya.

Cara Mengencangkan Payudara secara Alami untuk Wanita Melahirkan

1. Pijat Payudara
Para terapis terkenal banyak yang menerapkan pemijatan menggunaka es, pemijatan payudara ini bias dilakukan dengan tangan secara perlahan agar tidak berbahaya untuk kesehatan payudara, metode pijat es ini sudah terbukti apabila dilakukan secara rutin maka akan membuat payudara Anda lebih kencang dan terangkat kembali. Hal ini karena suhu dari es tersebut dapat menyebabkan jaringan pada payudara mengalami kontraksi dan kemudian membuat payudara lebih kencang dan juga terangkan. Cara untuk melakukan pijat es adalah sebagai berikut:

  • ambil buah es batu ukuran kecil, lalu pijat ke payudara Anda secara perlahan selama satu menit.
  • kemudian keringkan payudara menggunakan handuk yang lembut,
  • kemudian segera pakai bra dengan ukuran yang pas.
  • Selanjutnya, berbaringlah selama 30 menit.

Perlu diingat bahwa saat melakukan pemijatan payudara menggunakan es agar tidak lebih dari satu menit, karena dapat menyebabkan mati rasa.

2. Pakailah Masker Alami
Negara kita sudah terkenal akan ramuan tradisional untuk merawat kesehatan dan juga kecantikan, diantaranya penggunaan bahan-bahan alami untuk masker yang berfungsi untuk mengencangkan payudara. Diantaranya adalah masker payudara dengan bahan kacang panjang dan juga campuran mentimun & kuning telur yang sangat efektif mencegah kendurnya payudara. Cara membuat masker kacang panjang sebagai berikut: cuci kacang panjang dengan bersih, lalu tumbuk hingga halus. Bersihkan payudara Anda dengan air hangat, hal ini untuk membuat aliran darah

Anda lebih lancar, kemudian oleskan masker tersebut ke payudara Anda secara merata. Lakukan perawatan ini seminggu 2x agar mencapai hasil yang maksimal.

Sedangkan untuk membuat masker campuran mentimun & kuning telur adalah sebagai berikut: pertama blender sebuah mentimun terlebih dahulu, campurkan dengan 1 kuning telur dan tambahkan mentega agar kental, setelah siap oleskan ke seluruh payudara Anda hingga merata dan diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan payudara Anda dengan air dingin. Untuk mengencangan jaringan payudara, sebaiknya gunakan masker ini seminggu sekali.

3. Olahraga dan Yoga
Untuk mengencangkan payudara, banyak para ahli kesehatan dan kecantikan mengatakan untuk rutin berolahraga ataupun yoga. Karena gerakan dari yoga ataupun olahraga aerobic selain dapat mengencangkan juga membuat payudara lebih montok. Pada saat melakukan olahraga dianjurkan untuk menggunakan bra yang kencang dan dilakukan setiap hari.

Payudara Bengkak Saat Menyusui

Ketika seorang wanita menyusui, biasanya payudara tersebut akan menjadi lebih berat serta besar karena produksi ASI meningkat. Namun sering menjadi masalah ketika payudara berubah menjadi bengkak, keras dan menyakitkan. Biasanya hal tersebut terjasi bila produksi ASI lebih cepat daripada yang dikeluarkan baik dipomba maupun menyusui langsung.

ASI yang mengumpul pada payudara dan aliran darah ke payudara meningkat. Kondisi tersebut sering dialami oleh wanita yang baru pertama kali melahirksn. Biasanya gejala dari pembengkakan payudara tersebut adalah payudara terasa lebih padat, area areola mengeras dan juga puting menjadi datar bengkak serta nyeri hingga bagian ketiak maupun bawah lengan, serta kulit payudara terasa kencang dan hangat saat disentuh biasanya terjadi sekitar 6 hari setalah melahirkan. Pembengkakan payudara disebut dengan engorgement.

Oleh karena itu artikel penting ini akan memberikan informasi yang wajib Anda simak mengenai cara mencegah payudara bengkak ketika menyusui, kami akan memberikan informasi beberapa tips sederhana mencegah payudara bengkak saat menyusui berdasarkan Departemen Kesehatan dari USA yang memfokuskan pelayanan kesehatan wanita.

Cara Mencegah Payudara Bengkak Saat Menyusui

Anda harus sering menyusui bayi atau memberikan ASI pada bayi setelah proses melahirkan, biarkan buah hati Anda menyusu selama yang ia suka dan sepanjang bayi Anda minumASI dengan menghisap dengan baik dan efektif. Selama minggu pertama setelah melahirkan, Anda harus membiasakan untuk membangunkan bayi Anda untuk diberi asupan ASI setelah 4 jam sejak waktu pemberian ASI terakhir.

Mintalah bantuan konsultan laktasi untuk mengetahui cara menyusui yang baik agar tidak terjadi pembengkakan.
Agar payudara tetap bergerak bebas dan mencegaj payudara terlalu penuh, teruslah menyusui lebih sering untuk mengeluarkan ASI.

Hindari penggunaan dot yang berlebihan, sebaiknya gunakan botol untuk membantu proses pemberian ASI. Ketika hendak menyusui pegang payudara dengan lembut dan pompalah sedikit ASI untuk melunakkan bagian areola dan puting sebelum menyusui dan pijatlah payudara secara lembut.

Untuk meredam rasa sakit ketika menyusui, gunakanlah kompresan air dingin. Jika Anda harus bekerja, pada saat memompa ASI pada jadwal yang sama ketika memberikan ASI dirumah, yaitu setiap empat jam. Cukuplah istirahat agar memenuhi nutrisi bayi yang tepat dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pakailah pakaian yang nyaman dan janganlah memakai bra yang terlalu ketat.

Demikian mengenai cara mengencangkan payudara secara alami untuk wanita melahirkan dan cara mencegah susu membengkak ketika menyusui, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *